Inovasi Mobile Learning Untuk Pembelajaran


Kata Pengantar

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan karunia dan rahmat-Nya, sehingga saya mampu menyelesaikan karya tulis ilmiah ini dengan baik. Karya tulis ilmiah ini saya buat agar pembaca lebih mengenal dan memanfaatkan inovasi mobile learning untuk pembelajaran.

Saya menyadari bahwa masih terdapat kekurangan maupun kesalahan dalam penyusunan karya tulis ilmiah ini sehingga saya mengharapkan kritik dan saran pembaca yang bersifat membangun untuk perbaikan di masa yang akan datang. Saya mengucapkan terima kasih dan mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penyusunan karya tulis ilmiah ini.


Malang, 16 Agustus 2017




                                                                                                                                     Penyusun


Daftar Isi

BAB I

Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Tujuan

BAB II

Dasar Teori
2.1 Definisi Mobile Learning menurut Para Ahli
2.2 Definisi Media Pembelajaran menurut Heinich, Molenida, dan Russel (1993)

BAB III

Pembahasan
3.1 Definisi mobile device
3.2 Definisi mobile learning
3.3 Perangkat pendukung mobile learning
3.4 Penerapan mobile learning untuk pembelajaran
3.5 Dampak positif dan negatif dari penerapan mobile learning untuk pembelajaran

BAB IV

Penutup
4.1 Kesimpulan
4.2 Saran

Daftar Rujukan


Bab I

Pendahuluan


1.1 Latar Belakang

Di era modern saat ini, maraknya penggunaan internet memudahkan pengguna melakukan berbagai hal seperti pembelajaran berbasis online. Pembelajaran berbasis online ini memberikan banyak manfaat di bidang pendidikan. E-learning salah satu contoh yang sudah digunakan di beberapa instansi pendidikan sebagai sarana perluasan akses pendidikan. Dalam perkembangannya yang tiada henti, peran e-learning beralih ke sistem yang lebih fleksibel yaitu m-learning (mobile learning). M-learning dan e-learning merupakan 2 konsep yang berbeda, jika e-learning menggunakan internet dan PC sebagai sarana yang di gunakan dalam pembelajaran. Sedangkan m-learning menggunakan internet dan handphone dalam pembelajarannya.

Belajar menggunakan handphone belum banyak digunakan di instansi pendidikan. Teknologi m-learning ini nantinya akan digunakan dalam proses pembelajaran karena lebih banyak menggunakan perangkat mobile. Mobile learning memiliki banyak manfaat, antara lain dapat digunakan sebagai media pembelajaran dimanapun dan kapanpun serta lebih menghemat waktu dalam proses pembelajaran.  

1.2 Rumusan Masalah

1. Apa definisi mobile device?
2. Apa definisi mobile learning?
3. Apa saja perangkat pendukung mobile learning?
4. Bagaimana penerapan mobile learning untuk pembelajaran?
5. Bagaimana dampak positif dan negatif dari penerapan mobile learning untuk pembelajaran?

1.3 Tujuan

1. Agar pembaca mengetahui seputar mobile device dan mobile learning
2. Agar pembaca mengetahui bagaimana pembelajaran menggunakan mobile learning
3. Agar pembaca mengetahui apa saja perangkat pendukung mobile learning
4. Agar pembaca mengetahui penerapan dari mobile learning untuk pembelajaran
5. Agar pembaca mengetahui dampak positif dan negatif dari penerapan mobile learning untuk pembelajaran.

Bab II

Dasar Teori


2.1 Definisi Mobile Learning menurut Para Ahli

1. Desmon Keegan
Mobile learning adalah salah satu unsur pendukung dalam proses pendidikan dan pelatihan dengan menggunakan media yang mobile semacam PDA, Smart Phone dan Mobile Phone.

2. Candra Ahmadi
Mobile learning adalah generasi berikutnya e-learning dan berdasarkan pada perangkat mobile. Adapun mobile learning kedepannya akan menjadi instrumen penting untuk belajar sepanjang masa (Andreas H, N Alexander, M Matthias, 2004).

2.2 Definisi Media Pembelajaran menurut Heinich, Molenida, dan Russel (1993)

Teknologi atau media pembelajaran sebagai penerapan ilmiah tentang proses belajar pada manusia dalam tugas praktis belajar mengajar.

Bab III

Pembahasan


3.1 Definisi Mobile Device

Mobile device merupakan alat berukuran kecil dengan tampilan layar sentuh dan keyboard mini yang dapat dijadikan sebagai alat hitung. Salah satu mobil device yang tak asing dan mudah dibawa kemana-mana adalah smartphone ataupun PDA. Dalam hal PDA masukan (input) dan keluaran (output) dikombinasi dalam interface layar sentuh.

3.2 Definisi Mobile Learning

Mobile learning merupakan salah satu pembelajaran menggunakan perangkat mobile. Mobile learning membantu pembelajaran jarak jauh karena siswa dapat lebih mudah mengakses materi pembelajaran kapanpun dan dimanapun. Model pembelajaran ini sangat interaktif dan mudah sehingga dapat memunculkan minat dan semangat para siswa dalam belajar.

3.3  Perangkat Pendukung Mobile Learning

Perangkat pendukung sangat diperlukan guna memperlancar berlangsungnya proses pembelajaran menggunakan mobile learning, seperti di bawah ini:
1. Ponsel, merupakan alat komunikasi jarak jauh berupa suara ataupun short message service (SMS).
2. Personal Digital Assistant (PDA), merupakan alat elektronik berbasis komputer yang mudah dibawa kemana-mana karena ukurannya yang kecil. PDA ini memiliki banyak fungsi, seperti GPS, kalkulator, akses internet, dan lain-lain.
3. Smartphone, merupakan ponsel pintar tingkat tinggi yang terkadang menyerupai komputer.

3.4  Penerapan Mobile Learning Untuk Pembelajaran

Kegiatan belajar mengajar adalah sebuah sistem. Konsep media pembelajaran harus dipersiapkan dengan matang untuk mendukung suasana belajar mengajar yang menarik. Mobile learning merupakan kombinasi antara teknologi informasi dan internet dengan memanfaatkan mobile device, seperti ponsel. Di sini ponsel dapat dijadikan media pembelajaran dalam penyampaian materi ataupun evaluasi hasil pembelajaran. Media pembelajaran mobile learning menjadi alternatif siswa untuk memanfaatkan ponselnya sebagai sarana belajar setiap saat.

Mobile learning merupakan pembelajaran yang unik karena lebih banyak berinteraksi secara informal. Inovasi mobile learning menjadikan siswa lebih semangat dan antusias dalam belajar karena mudah dipahami. Media pembelajaran ini sangatlah fleksibel, sehingga siswa dapat mengakses materi pembelajaran kapanpun dan dimanapun. Kondisi inilah yang menyebabkan mobile learning dapat membatu permasalah pendidikan khususnya di Indonesia.

3.5  Dampak Positif dan Negatif Dari Penerapan Mobile Learning Untuk Pembelajaran

Mobile learning sangat cocok digunakan di dunia pendidikan. Terbukti dengan beberapa dampak positif mobile learning, sebagai berikut :
1. Perangkat yang lebih kecil dan ringan dibanding dengan PC
2. Dapat diakses dengan cepat kapanpun dan dimanapun
3. Harga lebih terjangkau daripada harga PC
4. Perangkat pendukung yang tidak asing lagi sehingga mudah digunakan untuk semua kalangan
5. Siswa dapat mengakses materi pembelajaran meskipun sedang sakit ataupun berhalangan hadir ke sekolah.

Namun, mobile learning tidak hanya memberikan dampak positif dalam pembelajaran. Tetapi juga dampak negatif karena keterbatasan perangkatnya, yaitu : 
1. Kemampuan prosesor dan sistem operasi yang dimiliki terbatas tidak seperti pada PC
2. Kapasitas memori yang minim, sehingga terbatasnya ruang penyimpanan data
3. Daya baterai yang terbatas sehingga perlu recharge ulang
4. Layar tampilan yang kecil.

Bab IV

Penutup


4.1 Kesimpulan

Penggunaan mobile learning dapat dijadikan media pembelajaran masa depan yang interaktif bagi guru dan siswa. Mobile learning memanfaatkan mobile device seperti ponsel, PDA, ataupun smartphone dalam pembelajaran.  Media ini mampu meningkatkan minat belajar dan semangat bagi para siswa karena pembelajaran dengan konsep ini sangat mudah untuk dipahami. Pemanfaatan mobile learning dapat merangsang pola pikir siswa terhadap suatu masalah dalam proses pembelajaran. Mobile learning juga memiliki dampak positif dan negatif di dunia pendidikan yang akan terus dikembangkan dari tahun ke tahun.

4.2 Saran

Belajar memang suatu proses yang cukup melelahkan. Dengan adanya mobile learning diharapkan siswa mampu menambah pemahaman tentang materi pembelajaran yang sudah dijelaskan. Sehingga siswa yang tinggal di daerah tertentu mampu mengakses berbagai macam materi pembelajaran jarak jauh.

Daftar Rujukan

https://id.wikipedia.org/wiki/Mobile_device
http://www.definisi-pengertian.com/2015/10/definisi-pengertian-media-pembelajaran-ahli.html
http://www.academia.edu/12145857/PEMANFAATAN_MOBILE_LEARNING_UNTUK_MENGATASI_PERMASALAHAN_PEMERATAAN_DAN_AKSES_PENDIDIKAN
https://pkmm2011.wordpress.com/2011/05/20/26/
https://blogbelajarmengajar.wordpress.com/2016/02/03/manfaat-mobile-learning-dalam-pembelajaran/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar